Ciri Ciri Wasir: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan yang Efektif

Apakah Anda sering merasakan rasa tidak nyaman saat buang air besar? Apakah Anda melihat darah pada tinja atau merasakan benjolan di sekitar anus? Jika ya,

Arie Sutanto

Apakah Anda sering merasakan rasa tidak nyaman saat buang air besar? Apakah Anda melihat darah pada tinja atau merasakan benjolan di sekitar anus? Jika ya, kemungkinan Anda mengalami wasir. Wasir, atau dalam bahasa medis disebut hemoroid, adalah kondisi yang umum terjadi pada banyak orang. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara mendalam tentang ciri ciri wasir, termasuk penyebab, gejala, dan pengobatan yang efektif.

Sebelum kita memahami ciri ciri wasir, penting untuk mengetahui apa itu wasir. Wasir terjadi ketika pembuluh darah di sekitar anus dan rektum membengkak atau meradang. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti tekanan berlebihan saat buang air besar, kehamilan, obesitas, atau faktor genetik. Ketika pembuluh darah ini membengkak, mereka dapat menimbulkan gejala yang mengganggu seperti rasa gatal, nyeri, dan perdarahan.

Penyebab Wasir

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang ciri ciri wasir, penting untuk mengetahui apa yang menyebabkan kondisi ini. Hemoroid dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk:

Tekanan berlebihan saat buang air besar

Mengejan terlalu keras saat buang air besar dapat menyebabkan pembuluh darah di sekitar anus membengkak dan menjadi wasir. Tekanan berlebihan ini sering terjadi ketika seseorang mengalami sembelit atau memiliki kebiasaan buang air besar yang buruk. Ketika seseorang mengejan dengan keras, tekanan dalam pembuluh darah meningkat, menyebabkan pembengkakan dan peradangan.

Kehamilan

Perubahan hormonal dan peningkatan tekanan pada pembuluh darah akibat kehamilan dapat menyebabkan hemoroid. Selama kehamilan, tubuh mengalami perubahan hormonal yang dapat membuat pembuluh darah lebih rentan terhadap pembengkakan. Selain itu, janin yang berkembang juga dapat menekan vena di daerah panggul, memicu terjadinya wasir.

Gaya hidup yang tidak sehat

Kebiasaan duduk terlalu lama, kurangnya aktivitas fisik, dan kebiasaan diet rendah serat dapat meningkatkan risiko terjadinya wasir. Duduk terlalu lama dapat menyebabkan peningkatan tekanan pada pembuluh darah di daerah anus dan rektum. Aktivitas fisik yang kurang dapat menyebabkan penurunan fungsi pencernaan dan sembelit, yang pada gilirannya dapat menyebabkan wasir. Kebiasaan makan yang rendah serat juga dapat membuat tinja menjadi keras, menyebabkan tekanan lebih pada pembuluh darah selama buang air besar.

Gejala Wasir

Bagaimana Anda bisa mengetahui apakah Anda mengalami wasir? Berikut adalah beberapa gejala umum yang biasanya terkait dengan wasir:

READ :  Ciri Orang Terkena HIV: Kenali Gejala dan Tanda-tandanya

Perdarahan saat buang air besar

Darah merah terang dapat terlihat pada tinja, di dalam toilet, atau pada kertas toilet setelah buang air besar. Perdarahan ini terjadi karena pembuluh darah yang membengkak pecah atau teriritasi oleh tinja yang keras atau tekanan saat buang air besar. Meskipun perdarahan ini mungkin tidak menyebabkan rasa sakit, tetapi kehilangan darah yang berkepanjangan dapat menyebabkan anemia jika tidak diobati.

Benjolan di sekitar anus

Anda mungkin merasakan benjolan yang lembut atau keras di sekitar anus Anda. Benjolan ini terjadi karena pembuluh darah yang membengkak membentuk tonjolan di dalam atau di luar anus. Benjolan ini dapat terasa nyeri atau tidak nyaman saat disentuh atau saat Anda duduk. Jika benjolan terjepit atau terjadi penyumbatan aliran darah, bisa terjadi trombosis hemoroid yang sangat menyakitkan.

Rasa gatal atau terbakar di sekitar anus

Wasir dapat menyebabkan rasa gatal yang intens di sekitar anus yang sangat mengganggu. Rasa gatal ini terjadi akibat iritasi pada kulit di sekitar anus akibat kontak dengan tinja yang keras atau iritasi oleh lendir yang dikeluarkan oleh wasir. Rasa gatal ini juga dapat disebabkan oleh infeksi jamur atau bakteri yang berkembang di daerah yang lembab.

Diagnosa dan Pengobatan

Jika Anda mengalami ciri ciri wasir yang disebutkan di atas, penting untuk segera mencari bantuan medis. Dokter Anda dapat mendiagnosis wasir melalui pemeriksaan fisik dan mungkin merujuk Anda untuk pemeriksaan tambahan, seperti sigmoidoskopi atau kolonoskopi. Pengobatan untuk wasir dapat melibatkan perubahan gaya hidup, penggunaan obat-obatan, atau dalam kasus yang lebih parah, prosedur medis seperti ligasi atau pengangkatan wasir.

Pemeriksaan fisik

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk melihat tanda-tanda wasir. Mereka dapat memeriksa anus Anda dengan menggunakan sarung tangan medis dan alat pemeriksaan lainnya. Dokter juga mungkin meminta Anda untuk mengedan atau melakukan gerakan tertentu untuk melihat apakah ada benjolan atau pembengkakan di sekitar anus dan rektum.

Sigmoidoskopi atau Kolonoskopi

Jika dokter curiga ada masalah yang lebih serius atau ingin memeriksa lebih lanjut, mereka mungkin merujuk Anda untuk menjalani sigmoidoskopi atau kolonoskopi. Pemeriksaan ini melibatkan penggunaan tabung lentur yang dilengkapi dengan kamera untuk memeriksa saluran pencernaan bagian bawah. Dengan menggunakan alat ini, dokter dapat melihat dengan jelas kondisi wasir dan mengidentifikasi adanya kelainan lain yang mungkin menyebabkan gejala yang serupa.

Perubahan Gaya Hidup

Perubahan gaya hidup dapat membantu mengurangi gejala wasir dan mencegah flare-up lebih lanjut. Beberapa saran yang dapat Anda ikuti adalah:

Tingkatkan asupan serat

Makan makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dapat membantu melunakkan tinja dan mencegah sembelit. Serat membantu meningkatkan volume tinja dan membuatnya lebih mudah lewat melalui saluran pencernaan. Dengan tinja yang lembut, Anda akan mengurangi tekanan saat buang air besar dan mengurangi iritasi pada wasir.

READ :  Ciri Ciri Resistensi ARV: Mengenal Tanda-tanda Penting Mengenai Resistensi Terhadap Obat Antiretroviral

Minum cukup air

Menjaga tubuh terhidrasi dengan cukup minum air dapat membantu mengurangi risiko sembelit. Air membantu melunakkan tinja dan menjaga kelembaban saluran pencernaan. Pastikan Anda minum setidaknya 8 gelas air per hari atau sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

Hindari mengejan terlalu keras

Cobalah untuk tidak mengejan terlalu keras saat buang air besar dan gunakan waktu yang cukup di toilet. Mengejan terlalu keras dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus dan menyebabkan wasir. Jika Anda mengalami kesulitan buang air besar, cobalah menggunakan posisi jongkok atau mengangkat kaki Anda dengan bantuan bangku kecil.

Pengobatan Obat

Ada beberapa obat yang dapat membantu mengurangi gejjala wasir, termasuk krim atau salep yang mengandung zat penghilang rasa sakit atau obat antiinflamasi. Krim atau salep ini dapat dioleskan secara topikal di daerah yang terkena wasir untuk mengurangi rasa sakit, gatal, dan peradangan. Beberapa obat juga mengandung zat pengempuk tinja yang membantu melunakkan tinja dan meringankan sembelit. Selain itu, dokter juga dapat merekomendasikan penggunaan supositoria yang dimasukkan ke dalam anus untuk mengurangi gejala wasir.

Obat penghilang rasa sakit

Obat penghilang rasa sakit yang mengandung bahan seperti lidokain atau benzokain dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan akibat wasir. Obat-obatan ini biasanya tersedia dalam bentuk krim atau salep yang dapat dioleskan langsung di area yang terkena wasir. Penggunaan obat penghilang rasa sakit ini dapat memberikan bantuan sementara dan meringankan gejala wasir yang menyakitkan.

Obat antiinflamasi

Obat antiinflamasi seperti hydrocortisone dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa gatal yang terkait dengan wasir. Obat ini dapat diminum secara oral atau digunakan dalam bentuk krim atau salep yang dioleskan di daerah yang terkena wasir. Namun, penggunaan obat antiinflamasi harus dilakukan dengan hati-hati dan sesuai petunjuk dokter, karena penggunaan jangka panjang dapat memiliki efek samping yang tidak diinginkan.

Obat pencahar

Obat pencahar dapat diresepkan oleh dokter untuk membantu melunakkan tinja dan meringankan sembelit yang dapat memperburuk gejala wasir. Obat pencahar dapat membantu meningkatkan frekuensi buang air besar dan mengurangi tekanan saat buang air besar. Namun, penggunaan obat pencahar harus diimbangi dengan peningkatan asupan serat dan minum air yang cukup, serta dengan pengawasan medis.

Supositoria

Supositoria adalah bentuk obat yang dimasukkan ke dalam anus. Supositoria yang mengandung bahan seperti hidrokortison atau zat pengempuk tinja dapat membantu mengurangi peradangan dan melunakkan tinja. Penggunaan supositoria dapat memberikan efek lokal yang lebih langsung pada wasir dan dapat memberikan bantuan yang cepat dalam mengurangi gejala seperti rasa gatal, peradangan, dan nyeri.

Prosedur Medis

Jika perubahan gaya hidup dan pengobatan obat tidak efektif, dokter Anda mungkin merekomendasikan prosedur medis untuk mengobati wasir. Beberapa prosedur yang umum dilakukan adalah:

READ :  Ciri Ciri Lengkuas: Rahasia Khasiat Luar Biasa dari Akar Ajaib Ini

Ligasi

Prosedur ligasi melibatkan mengikat pangkalan wasir dengan bantuan karet untuk memutus aliran darah ke wasir dan menyebabkannya menyusut. Ligasi biasanya dilakukan dengan menggunakan alat khusus yang mengikat pangkalan wasir dengan karet elastis. Ini mengurangi pasokan darah ke wasir dan menyebabkannya mati secara bertahap. Wasir yang mati kemudian akan mengering dan terlepas dari tubuh selama beberapa hari atau minggu.

Koagulasi inframerah

Teknologi inframerah digunakan dalam prosedur koagulasi inframerah untuk membakar jaringan wasir dan menghentikan aliran darah ke area tersebut. Dalam prosedur ini, sinar inframerah digunakan untuk menghasilkan panas yang cukup untuk membakar jaringan wasir tanpa merusak jaringan sekitarnya. Koagulasi inframerah dapat membantu mengurangi ukuran wasir dan menghentikan perdarahan yang terjadi.

Pengangkatan wasir

Dalam kasus yang lebih parah, wasir dapat diangkat melalui prosedur bedah. Pengangkatan wasir biasanya dilakukan jika wasir sangat besar, menyebabkan gejala yang parah, atau tidak merespons pengobatan lainnya. Prosedur pengangkatan wasir dapat dilakukan dengan berbagai metode, seperti eksisi atau hemoroidktomi. Dokter Anda akan menentukan metode yang paling sesuai berdasarkan kondisi Anda.

Pencegahan Wasir

Mencegah wasir lebih baik daripada mengobatinya. Beberapa langkah pencegahan yang dapat Anda ambil adalah:

Pertahankan pola buang air besar yang sehat

Hindari menunda-nunda dorongan untuk buang air besar dan jangan mengejan terlalu keras. Ketika Anda merasakan dorongan untuk buang air besar, segeralah pergi ke toilet. Menunda-nunda buang air besar dapat menyebabkan tinja menjadi keras dan sulit lewat, meningkatkan risiko terjadinya wasir. Selain itu, usahakan untuk tidak mengejan terlalu keras saat buang air besar. Jika Anda mengalami kesulitan buang air besar, cobalah mengatur pola makan dan gaya hidup yang sehat untuk mencegah sembelit.

Perhatikan pola makan

Makan makanan tinggi serat dan hindari makanan pedas atau berlemak yang dapat memicu wasir. Serat adalah kunci penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Makan makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan dapat membantu menjaga tinja tetap lembut dan mencegah sembelit. Hindari makanan pedas atau berlemak, karena makanan ini dapat memperburuk gejala wasir dan menyebabkan peradangan pada daerah anus dan rektum.

Jaga berat badan yang sehat

Obesitas dapat meningkatkan risiko terjadinya wasir, jadi penting untuk menjaga berat badan yang sehat melalui pola makan seimbang dan olahraga rutin. Kelebihan berat badan dapat memberikan tekanan tambahan pada pembuluh darah di daerah panggul, meningkatkan risiko terjadinya wasir. Dengan menjaga berat badan yang sehat, Anda dapat mengurangi beban pada pembuluh darah dan mengurangi risiko terkena wasir.

Kapan Harus Menghubungi Dokter

Jika Anda mengalami gejala wasir, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter Anda. Dokter dapat memberikan diagnosis yang akurat dan merekomendasikan pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda. Jangan menunda-nunda kunjungan ke dokter jika gejala Anda semakin parah atau tidak kunjung membaik setelah beberapa minggu. Jika Anda mengalami perdarahan yang hebat, benjolan yang terus membesar, atau gejala lain yang mengganggu aktivitas sehari-hari Anda, segera cari perhatian medis darurat.

Wasir adalah kondisi yang umum terjadi dan dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Namun, dengan pengetahuan tentang ciri ciri wasir, Anda dapat segera mengambil tindakan untuk mengobati dan mencegah kondisi ini. Jangan ragu untuk mencari bantuan medis jika Anda mengalami gejala wasir yang mengganggu. Ingatlah bahwa perubahan gaya hidup sehat dan pengobatan yang efektif dapat membantu Anda mengatasi wasir dan kembali merasakan kenyamanan dalam kehidupan sehari-hari.

Video Seputar ciri ciri wasir

Arie Sutanto

Melihat Dunia Melalui Ciri.or.id: Menelusuri Keindahan yang Tersembunyi!

Related Post

Leave a Comment